Miswans.com

Produk Rekayasa Lokal untuk Bisnis Rumahan

KOMPAS.com – Gaya hidup kembali ke alam dan penggunaan produk lokal bisa menjadi celah bisnis rumahan. Apalagi dengan memasarkan produk hasil riset lokal, menggunakan bahan alam yang berasal dari inovasi peneliti negeri sendiri. Keunikan produk lokal seperti ini bisa menjadi nilai jual dan ide bisnis yang bisa dikembangkan.

Pusat Teknologi Farmasi & Medika BPPT telah lama melakukan rekayasa produk perawatan kesehatan dan kecantikan seperti garam mandi. Sejak 2003, produk hasil dari riset berbasis garam ini sudah bisa digunakan untuk kebutuhan perawatan kesegaran tubuh sehari-hari. Kerjasama dengan usaha kecil menengah dan bisnis rumahan juga pernah dijalankan. Produk garam mandi lokal ini dihasilkan dengan memanfaatkan limbah pembuatan garam.

“Produk garam mandi lokal sudah banyak diproduksi, termasuk oleh industri spa. Namun memang garam mandi beraroma hasil riset ini berbeda karena ada formula plus-plus yang didukung data mengenai manfaat setiap kandungan di dalamnya. Sementara produk garam mandi yang beredar di pasaran punya kandungan beragam, hanya ada pewarna atau aromaterapi saja misalnya. Banyak juga produk garam mandi yang ada di pasar berasal dari luar negeri, dengan harga yang lebih mahal,” jelas peneliti Idah Rosidah, MSi, Apt, kepada Kompas Female, usai talkshow mengenai Kemandirian Industri dalam Melestarikan Budaya Pemeliharaan Kesehatan Wanita Indonesia di Jakarta, Rabu (2/2/2011).

Menurut Idah, produk hasil riset lokal bisa dipasarkan melalui berbagai pilihan skema kerjasama. Di antaranya, menjual putus, menjual formula dengan pelatihan cara meracik produknya, atau menjual produk tanpa kemasan.

“Biasanya produk ini dititipkan melalui salon atau spa,” tambahnya. Namun kata Idah, siapa pun yang berniat berbisnis di rumah menjual garam mandi lokal ini bisa menjalin kerjasama dengan BPPT.Produk garam mandi beraroma bermerek Unique ini mengandung garam mineral, enzim, minyak esensial, pewangi, dan pewarna kosmetika yang aman. Satu botol kecil 25 gram dijual dengan harga Rp 7.500. Menggunakan setengah botol garam mandi ini dengan 100 liter air hangat dalam bathtub untuk berendam bisa membuat tubuh yang kelelahan kembali bugar dan rileks.

Info pemasaran produk garam mandi beraroma:
Pusat Teknologi Farmasi & Medika BPPT
Jl MH Thamrin No 8 Jakarta
Telp 021-3169505 atau dengan Lely 081332678590
WAF

Editor: Dini

Be Sociable, Share!

Got something to say? Click here to reply

Leave a Reply

*