Miswans.com

Mencari Lokasi Klinik Kesehatan yang Strategis

“Saya tinggal di Limus Pratama Regency, Cileungsi. Saya sudah enam bulan terakhir ini punya niat membuat Klinik Kesehatan (praktik dokter 24 jam dan apotek). Kebetulan istri saya dokter sehingga dari segi penyediaan tenaga dokter sudah OK. Tentang perizinan hampir 80 persen tidak ada kendala berarti karena dibantu oleh pembimbing kami.

Dari penyediaan obat saya sudah sedikit tahu jaringanya dan akan dibantu oleh pembimbing (sarjana farmasi dari UGM, yang juga apoteker). Yang menjadi kendala saat ini adalah tempat. Bagaimana menentukan tempat yang strategis? Saya sudah survei daerah Depok, Bogor, Sentul, Citereup, Cileungsi, dan Gunung Putri. Semuanya hampir rata-rata setiap 0,6-1 km sudah ada klinik kesehatan sehingga kami belum mendapat tempat yang strategis. Baru tiga hari yang lalu saya ditawari tempat di jalan utama antara Gunung Putri dan Wanaherang, Bogor.

Tetapi, setelah saya survei 300 meter sebelum dan sesudah tempat yang ditawarkan sudah ada klinik. (Yadi, Delta, dan Balai Kesehatan Tenaga Kerja/BKTK). Bagaimana ini, pak, sebaiknya saya maju atau bagaimana? Saya wawancara juga ke masyarakat sekitar bahwa kebanyakan mereka berobat ke BKTK karena murah dan rekomendasi pabrik tempat mereka bekerja. Yang ingin saya tanyakan bagaimana mencari tempat yang strategis? Bagaimana cara surveinya? Apa metodenya? Dan, apakah saya harus mengurungkan niat untuk membuat usaha ini gara-gara belum dapat tempat?.”

Jawab:

Saya menangkap bahwa Anda telah melakukan persiapan-persiapan dalam membuka usaha klinik kesehatan Anda dengan baik. Survei yang Anda lakukan, perizinan, kesiapan jaminan pasokan obat-obatan untuk apotek, dan tenaga dokter tampaknya sudah siap. Tinggal menentukan lokasi klinik Anda. Memang betul, lokasi yang strategis juga salah satu yang menentukan kelangsungan hidup usaha kita. Untuk itu pemilihan lokasi ini menjadi sangat penting. Bagaimana menentukannya? Pertama, memang harus kita pahami betul produk/jasa yang kita tawarkan pada masyarakat/konsumen.

Untuk klinik Anda, apakah sudah ditentukan segmen konsumen yang ingin diraih? Misalnya, apakah klinik ini akan mengambil segmen konsumen ekonomi kelas menengah ke atas atau menengah ke bawah? Ini penting mengingat rapatnya klinik yang ada dari hasil survei Anda. Sebagai catatan, survei yang Anda lakukan, itu juga salah satu metode menentukan lokasi usaha, apalagi Anda juga telah melakukan wawancara dengan masyarakat sekitar. Wawancara juga bagian dari metode riset. Ada beberapa data yang Anda perlukan untuk menentukan lokasi ini. Dari survei Anda cobalah didaftar semua klinik kesehatan yang ada di daerah-daerah tujuan Anda.

Amati lebih detail, apa saja jasa yang mereka tawarkan, bagaimana biayanya, konsumennya dari segmen masyarakat yang mana, bagaimana bentuk fisik kliniknya, begitu juga dengan pelayanannya. Bila sekarang data yang ada belum lengkap, Anda harus melakukan survei kembali. Mengapa semua ini dibutuhkan? Dalam sebuah lokasi yang menyediakan jasa/produk yang sama (untuk kasus Anda berarti klinik kesehatan), maka strategi yang saya sarankan adalah membuat perbedaan (diferensiasi). Buatlah ”peta lengkap” klinik kesehatan dari daerah-daerah yang Anda survei. Dari peta ini mudah-mudahan Anda bisa melihat perbedaan apa yang hendak Anda buat.

Berpikir kreatif lah. Seorang entrepreneur harus kreatif lho. Misalnya, klinik Anda adalah klinik khusus anak-anak, klinik menengah atas, klinik penyakit tertentu, klinik yang paling lengkap jenis pelayanannya, atau lainnya. Untuk ini Anda tentu juga harus mendapatkan data mengenai kondisi masyarakat sekitar. Jika banyak perumahaan kelas menengah atas, maka membuka klinik kesehatan kelas menengah ke atas menjadi masuk akal. Nah, Pak Anang. Dengan uraian saya di atas, mudah-mudahan membuka peluang lagi buat Anda untuk kembali memikirkan lokasi klinik kesehatan Anda secara lebih luas. Survei Anda yang dulu dapat dilengkapi, lalu dengan ”peta lengkap” Anda bisa menentukan ”perbedaan” klinik Anda dengan yang lainnya di lokasi yang sama.

Misalnya, jika memilih di jalan utama Gunung Putri – Wanaherang, Anda harus membuat perbedaan dengan tiga klinik yang ada di sana. Selain perbedaan tentu Anda juga harus mempertimbangkan syarat sebuah lokasi disebut strategis, seperti mudah dijangkau/dilihat orang/konsumen, banyak calon konsumen, boleh juga dekat dengan rumah sakit rujukan, dan lainnya. Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan saat Anda sudah menentukan lokasi adalah berpromosi. Promosi juga membuat klinik Anda menjadi dikenal baik.

Sumber:

Arsip Bisnis

Ir Sri Bramantoro Abdinagoro, MM

Konsultan dan penulis buku best seller berjudul Road to be Own Boss dan 25 Langkah Menjalankan Bisnis

Incoming search terms:

cara promosi klinik, cara membuka usaha klinik kesehatan, bisnis apotek dan klinik, persyaratan buka klinik 24 jam, usaha klinik kesehatan, usaha klinik, franchise klinik 24 jam, syarat membuat klinik, promosi klinik, persyaratan buka klinik kecantikan
Be Sociable, Share!

Tagged: , , , ,

Got something to say? Click here to reply

Leave a Reply

*