Miswans.com

KEUNTUNGAN NASABAH BANK SYARIAH

Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh nasabah jika menempatkan dananya di bank syariah.

Keuntungan yang paling nyata dan utama adalah ketentraman hati karena dananya dikelola sesuai dengan aturan syariah. Tidak perlu was-was lagi dengan kehalalannya. Tentu saja hal ini bersifat subjektif karena berkaitan dengan keyakinan (keimanan) seseorang.

Secara makro, perbankan syariah bisa dikatakan lebih baik karena lebih mendorong ekonomi secara riil. Rata-rata bank konvensional menyalurkan dana nasabah menjadi kredit sekitar 60% saja. Sedangkan 40%-nya menjadi uang nganggur yang tidak mendorong perekonomian. Sedangkan bank syariah menyalurkan pembiayaan sampai dengan 90% dari dana nasabah yang dikumpulkannya. Artinya bank syariah lebih berperan dalam memajukan perekonomian.

Mengenai bagi hasilnya, sangat tergantung sekali dengan kinerja bank yang bersangkutan. Jika bank syariahnya memiliki kinerja yang baik, bisa jadi bagi hasilnya bisa melebihi bunga bank konvensional. Dan ini secara nyata pernah terjadi. Begitu juga sebaliknya, bisa jadi bagi hasilnya lebih rendah daripada bunga. Contohnya ketika suku bunga tiba-tiba naik, otomatis bank menaikkan bunga deposito. Sedangkan bank syariah ketinggalan naiknya karena tidak bisa langsung mengatrol bagi hasilnya tanpa peningkatan kinerja.

Incoming search terms:

keuntungan bank syariah, kelebihan bank syariah mandiri, kelebihan bank mandiri syariah, keunggulan bank mandiri syariah, manfaat bank syariah, kelebihan bank syariah, kelebihan mandiri syariah, Keuntungan mandiri syariah, keuntungan bank syariah mandiri, keunggulan bank syariah
Be Sociable, Share!

Tagged: , ,

Got something to say? Click here to reply

Leave a Reply

*