Miswans.com

Faktor-Faktor Pendorong yang Membuat Konsumen Melakukan Pembelian

“Saya bergerak dalam usaha ritel penjualan ponsel bekas dan pulsa isi ulang. Sudah ada lima outlet saya di lima mal di Jakarta. Tetapi hanya outlet di satu mal saja yang sangat menonjol. Istri saya menyarankan kepada saya agar sebaiknya kami fokus di satu mal yang laris itu saja. Menurut dia, lebih baik kami menyewa dua atau tiga outlet lagi di mal tersebut dan menutup outlet di mal lain. Bagaimana sebaiknya yang harus saya lakukan?”

Dalam bisnis ritel penjualan ponsel bekas dan pulsa isi ulang, faktor yang sangat penting adalah melihat dari kacamata pelanggan, yaitu dengan mempelajari:

1). Siapa target pelanggan kita (apa saja yang dibutuhkan dan apa saja keinginannya) sehingga kita dapat menyediakan apa yang diinginkan tersebut. Misalnya kalau pelanggan menginginkan kita melakukan jual beli ponsel bekas dengan harga tinggi, maka kita dapat membeli degan harga relative lebih tinggi dibandingkan dengan dengan pembelian yang dilakukan oleh pesaing kita. Untuk pulsa isi ulang, usahakan anda menjadi semacam grosir dengan memberikan harga discount untuk pembelian dalam jumlah tertentu.

2) Mempelajari faktor-faktor pendorong yang membuat konsumen melakukan pembelian. Dalam proses pembelian berlaku prinsip AID yaitu Awareness (usahakan konsumen mengetahui keberadaan outlet kita dalam mal tersebut), misalnya dengan menyebarkan brosur promo, membuat outlet tampak menonjol dan menarik dibandingkan dengan outlet milik pesaing lainnya. Interest yaitu mengusahakan agar konsumen tertarik untuk datang ke tempat kita , misalnya dengan cara membuat tulisan yang dapat terlihat dari jauh bahwa di tempat kita sedang melakukan promo. Desires yaitu timbulkan keinginan bagi konsumen yang datang ke tempat kita tersebut untuk bertanya dan mencoba produk yang kita tawarkan. Caranya adalah dengan memberi pelayanan yang baik penuh senyum dan ramah, petugas yang mengetahui secara mendalam mengenai product knowledge, melayani pelanggan dengan sepenuh hati dan penuh perhatian.

Jadi jangan dulu tutup outlet yang Anda miliki, sebelum anda mempelajari karakteristik konsumen Anda di tempat tersebut.

Sumber:

Arsip Bisnis

Dr. Freddy-Rangkuti

frangkuti@yahoo.com

MD Frai Marketing, Instruktur In-House Training diberbagai Perusahaan, penulis lebih dari 15 buku Manajemen dan Marketing, Dosen Program Doktor manajemen IBII

Incoming search terms:

faktor yang mendorong isis, faktor yg mendorong konsumen untuk belanja online, 2 hal yang membuat konsumen tertarik terhadap toko online
Be Sociable, Share!

Tagged: , , , , ,

Got something to say? Click here to reply

Leave a Reply

*