Miswans.com

Cara Mengubah Image dari Tradisional Menjadi Modern

“Saya dan beberapa orang rekan kini ditawari untuk mengelola sebuah usaha yang bergerak dalam pemasaran bahan-bahan penunjang pertanian seperti pupuk, pot, cangkul dan lain-lain. Rentang produknya sangat luas. Usaha ini cukup besar, hampir dapat dikatakan sebagai toko serba ada alat pertanian. Hanya saja kami ingin mengubah image-nya yang selama ini terkesan tradisional menjadi modern. Bagaimana saran Anda?”

Perbedaan yang paling menonjol antara bisnis tradisional dengan modern adalah pada bisnis ritel modern, sistem pengelolaannya dilakukan secara profesional dan terintegrasi menggunakan tenaga kerja yang memahami fungsi dan tanggung jawabnya masing-masing. Ada 6 komponen penting yang menyebabkan suatu ritel menjadi modern, yaitu: Sistem penetapan harga yang tepat, pelayanan yang excellence, variasi produk yang dijual, selalu mempelajari pola perilaku belanja pelanggannya, pengelolaan komunitas yang baik, serta membuat kemasan pasca panen yang menarik.

1). Salah satu kekuatan bisnis ritel modern yang tidak boleh dilupakan adalah ketepatan dalam menentukan strategi harga. Strategi penentuan harga yang bersifat fleksibel dapat merangsang konsumen untuk datang dan mendorong para supplier untuk bekerjasama. Contoh strategi yang cukup berhasil dapat dipelajari dalam kasus Wal-Mart dan Kmart. Kedua perusahaan ini menerapkan strategy “everyday low price” dengan membuat pernyataan positioning seperti ini konsumen akan mempersepsikan belanja di tempat ini pasti harganya paling murah dibandingkan dengan belanja di tempat lain.

2). Ritel modern memiliki sistem pelayanan yang sangat excellence. Konsep pelayanan harus didesain dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Cara yang dapat ditempuh adalah dengan membuat “one stop shopping”, suasana toko yang nyaman, menyenangkan, cara peletakan barang yang mudah dijangkau dan dilihat, pelayan yang ramah, kesemuanya itu sangat dibutuhkan oleh pelanggan.

3). Pada umumnya pelanggan sangat menyukai ritel yang memiliki variasi produk sangat beragam dengan harga relatif murah. Pilihan harga relatif murah harus menjadi prioritas. Caranya adalah dengan mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu seperti meminimumkan biaya penyimpanan stok, biaya pengiriman, biaya pengendalian kualitas produk dan sebagainya.

4). Anda perlu mempelajari perilaku pola belanja konsumen, produk-produk apa saja yang dibutuhkan, kapan produk-produk itu diperlukan, bagaimana cara penggunaan produk yang baik (dapat disediakan buku manual), cara penggunaan pupuk yang benar, adalah faktor-faktor yang sangat penting agar pelanggan menjadi loyal.

5) Selain kegiatan promosi sebagaimana yang lazimnya dilakukan oleh bisnis retail seperti pasang spanduk, brosur, iklan di koran melakukan kegiatan bellow the line, anda perlu juga membuat strategi meningkatkan publisitas yaitu dengan cara membuat kelompok komunitas para petani dengan memberikan kursus gratis cara bercocok tanam yang baik. Alangkah lebih baik lagi Anda memiliki proyek percontohan, sehingga pelanggan dapat melihat secara langsung proyek yang sedang Anda kerjakan tersebut. Semakin besar jumlah komunitas yang berhasil Anda bentuk, maka akan semakin besar dukungan pelanggan loyal yang akan menjadi anggota belanja di tempat retail Anda tersebut. Kegiatan komunitas yang harus dilakukan dengan memberikan sponsorship untuk berbagai kegiatan yang mendukung bisnis pelanggan Anda

6) Bisnis ritel modern tidak hanya menyediakan sarana produksi pertanian saja, melainkan juga membuat kegiatan pembinaan kepada para petani, sehingga hasil pertanian para anggota menjadi lebih baik. Selain itu dapat dikembangkan proses pengolahan sekaligus pengemasan produk-produk hasil pertanian dalam komunitas yang telah anda bentuk tersebut. Untuk mengembangkan divisi ini Anda harus mengembangkan daerah pemasaran dan mencari pelanggan-pelanggan yang akan membeli produk yang Anda hasilkan tersebut. Dengan membuat bisnis yang terintegrasi mulai dari menjual pupuk, memberikan pelatihan cara penggunaan pupuk, cara penggunaan alat pertanian, menyediakan alat-alat transportasi dan menerima hasil panen petani dalam bentuk proses dan kemasan yang menarik, serta memasarkan hasil produk jadi tersebut, bisnis ritel Anda akan menjadi modern dan memiliki kekuatan yang sulit ditiru oleh pesaing Anda yang lain.

Kegiatan sosial seperti pembinaan komunikasi dampaknya akan sangat luar biasa dalam mendongkrak popularitas bisnis anda sehingga, secara perlahan kegiatan promosi yang Anda lakukan akan mengarah kepada kegiatan publisitas dan public relation. Artinya bisnis Anda akan menjadi buah bibir dan banyak dikunjungi konsumen.

Sumber:

Arsip Bisnis

Dr. Freddy-Rangkuti

frangkuti@yahoo.com

MD Frai Marketing

Instruktur In-House Training di Berbagai Perusahaan

Penulis lebih dari 15 buku Manajemen dan Marketing

Dosen Program Doktor Manajemen IBII

Incoming search terms:

contoh slogan yang menarik, perbedaan pertanian tradisional dan modern, media komunikasi modern, peralatan pertanian modern, PERBEDAAN PERTANIAN SUBSISTEM DENGAN PERTANIAN MODEREN, cara manajemen bisnis pertanian, peralatan tradisional [d̲̅i̲̅] ubah menjadi modern, pengertian bisnis secara tradisional dan modern, pengelolaan bisnis pertanian, cara mamsjukan ritael
Be Sociable, Share!

Tagged: , , , ,

Got something to say? Click here to reply

Leave a Reply

*